Insiden Pesawat Southwest, Satu Korban Tewas Tersedot Mesin

Dunia penerbangan Amerika Serikat tengah berduka. Pada Selasa (17/4) waktu setempat, terjadi insiden mengerikan yang dialami maskapai Southwest Airlines. Salah satu mesin pesawat jenis Boeing 737-700 itu meledak di ketinggian 30 ribu kaki. Merupakan insiden poin4d fatal pertama dalam penerbangan komersial AS sejak hampir 10 tahun terakhir, pesawat nahas itu terbang dari New York menuju Dallas.

 

Dalam rekaman percakapan antara Air Traffic Control (ATC) dan pilot Tammie Jo Shults yang dirilis NBC News, terungkap bahwa ledaknya mesin membuat pesawat harus mendarat darurat di Philadelphia. Terungkap juga dari rekaman itu bahwa dalam pesawat yang membawa 149 penumpang itu, ada seorang korban yang tersedot lubang mesin pesawat.

 

Dari penuturan saksi mata di dalam pesawat, saat salah satu mesin pesawat meledak dan terlepas ternyata menghantam jendela pesawat sehingga pecah. Seorang penumpang perempuan yang duduk di dekat jendela berlubang itu tersedot ke luar. Penumpang lain berusaha menarik kembali tubuhnya tapi saat dibawa ke rumah sakit, perempuan malang itu tewas karena terluka parah. Daily Mail melaporkan bahwa korban ialah Jennifer Riordan.

 

Perempuan berusia 43 tahun itu berstatus sebagai ibu dua orang anak dan bekerja sebagai Wakil Presiden Hubungan Masyarakat Bank Wells Fargo di Albuquerque, Texas. Jennifer sendiri hendak pulang ke Albuquerque lewat Dallas setelah melakukan kunjungan bisnis di New York. Suami Jennifer, Michael Riordan yang pernah menjabat sebagai Chief Operations Officer (COO) kota Albuquerque meminta agar media dan masyarakat menghormati keluarga Riordan yang kini dirundung duka.

 

Ada Penumpang Live Streaming Saat Insiden

 

Selain memakan satu korban jiwa, insiden pesawat dengan nomor penerbangan 1380 itu meninggalkan tujuh korban luka-luka. Namun kecaman justru disematkan kepada Marty Martinez, salah satu penumpang pesawat itu. Martinez mendapat banyak kritikan pedas karena melakukan siaran langsung alias live streaming suasana di kabin usai mesin meledak dan ada penumpang yang tersedot ke luar pesawat. Banyak orang menilai Martinez egois karena bukannya membantu korban, malah sibuk siaran langsung.

 

Dalam pernyatannya, pegawai kantor marketing di Dallas itu berdalih bahwa dia mengira akan tewas dan ingin melakukan komunikasi terakhir kalinya dengan kerabat dekat. Berwajah tegang sambil memakai masker oksigen, Martinez langsung membuka laptop dan membayar layanan WiFi pesawat sambil kemudian siaran langsung di Facebook. Hanya saja warganet tampaknya tak percaya dengan alasannya dan menilai Martinez yang cuma duduk 2-3 baris di belakang para korban itu cuma ingin viral dan terkenal. Bahkan banyak warganet yang justru berharap Martinez saja yang tewas.

 

Pesawat Nahas Dipiloti Perempuan

 

Insiden maut yang dialami Southwest Airlines juga mengungkapkan fakta bahwa rupanya pilot pesawat itu adalah perempuan. Bahkan Shults masuk dalam jajaran pilot jet tempur perempuan pertama di Angkatan Laut Amerika Serikat. Meskipun berada di udara dengan kondisi salah satu mesin meledak dan jendela berlubang, Shults meraih banyak pujian karena tetap mampu tenang dan membawa pesawat mendarat mulus secara darurat di Philadelphia.

 

Para penumpang pun langsung memberikan pujian akan aksi pilot Shults. Beberapa di antaranya adalah Eric Zilbert dan Alfred Tumlinson yang sama sekali tak khawatir pesawat lepas kendali karena pilot Shults mengendalikan pesawat dengan kokoh dan bermental baja. Bahkan usai insiden itu, Shults langsung mendatangi seluruh penumpang dan memeriksanya satu-persatu usai mendarat. Semoga saja insiden serupa tak pernah ada ya.